Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting Dalam Update Algoritma Google November 2022

Hal Penting Dalam Update Algoritma Google November 2022

Algoritma Google selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dulu Google melakukan update besar sekitar 6 bulan sekali. Tapi sekarang ini Google sepertinya melakukan update setiap bulan atau bahkan 2 minggu sekali.

Jika anda benar-benar serius melakukan optimasi SEO, maka update algoritma google terbaru harus selalu menjadi perhatian anda. Google sering mengumumkan perubahan algoritma besar jauh sebelum perubahan itu dilakukan. Tentu saja tujuan dari pengumuman ini adalah untuk mendorong pemilik website untuk melakukan penyesuaian.

Berikut ini adalah beberapa update algoritma Google yang terbaru…

Update Algoritma Google Terbaru Tahun 2022

Update Algoritma Ranking dari 22 Oktober 2022

Google mengkonfirmasi bahwa mereka mulai melakukan update algoritma ranking dari tanggal 22 Oktober lalu. Ini mulai terlihat efeknya di beberapa website. Cukup banyak website yang mengaku menggunakan white hat terdampak negatif dengan update algoritma ini.

Tapi kemungkinan ini hanya efek sementara. Biasanya memang website akan mengalami ayunan besar di awal-awal peluncuran update ranking Google; tapi ini akan bounce balik dalam waktu 1 atau 2 minggu. Jadi jangan terlalu panik yang bisa mendorong untuk melakukan optimasi berlebihan.

Update Algoritma Spam 19-21 Oktober 2022

Update algoritma ini tergolong minor dan tidak menimbulkan fluktuasi peringkat yang besar di pencarian Google. Jadi sepertinya tidak ada yang perlu dikuatirkan bagi pemilik website yang rutin melakukan optimasi.

Update Tidak Terkonfirmasi 13 Oktober 2022

Ada banyak praktisi SEO yang melaporkan di forum bahwa peringkat mereka mengalami pergeseran walaupun tidak cukup signifikan. Oleh karena laporan ini cukup luas, maka banyak yang berkesimpulan bahwa tanggal 13 Oktober lalu Google melakukan update algoritma yang cukup besar.

Ini bisa terlihat dari halaman sensor Semrush, di mana fluktuasi SERP pada tanggal 13 Oktober tercatat di nilai 6.0

Nilai fluktasi saat ini masih cukup normal dan biasanya website yang mengalami fluktuasi akan bounce kembali ke posisi semula dalam waktu seminggu hingga 2 minggu. Kecuali ada pesaing baru yang berhasil mempertahankan posisinya selama masa update ini.

Belum direkomendasikan untuk melakukan perubahan apapun, karena sampai saat ini belum jelas faktor apa yang menjadi penilaian dari update kali ini. Adapun update kali ini tepat sebulan setelah update inti Google tanggal 13 September lalu.

======================

Update Algoritma Inti 13 September 2022

Belum banyak yang bisa diinfokan, karena update ini baru berjalan 1 hari. Jadi beberapa dari anda mungkin akan melihat peringkat yang drop selama seminggu atau 2 minggu ke depan. Sebaiknya anda tetap melakukan rutinitas optimasi SEO anda seperti biasa. Jangan panik karena bisa membuat anda melakukan optimasi yang berlebihan.

Helpful Content

Dirilis Tanggal: 25 Agustus 2022 – 9 September 2022

Sasaran: Konten yang tidak berkualitas yang tidak memberikan solusi yang dicari pengguna Google

Cara Kerjanya: Algoritma Helpful Content ini dirancang untuk menemukan konten yang tidak berkualitas. Berita buruknya adalah efek dari update algoritma helpful content ini bersifat sitewide. Itu berarti website yang salah satu atau beberapa halamannya terdeteksi sebagai halaman yang tidak memenuhi syarat Helpful Content berpotensi “ditandai” oleh Google sehingga akan lebih sulit ranking untuk konten-konten lainnya.

Belum cukup dengan berita buruk yang di atas; Google menambahkan lagi adanya masa validasi. Jadi jika anda menemukan salah satu konten anda terpengaruh oleh algoritma ini; dan anda melakukan perbaikan; Hasil dari perbaikan ini tidak akan langsung terlihat di perayapan berikutnya. Google mengatakan akan ada masa validasi untuk memastikan konten kita benar-benar bermanfaat bagi pengunjung.

Masih menjadi isu hangat di komunitas SEO bahwa update algoritma Helpful Content ini bertujuan untuk meringankan sisi pengindeksan Google. Hal ini dikarenakan pengindeksan Google menjadi sangat sulit untuk beberapa bulan terakhir ini.

Jika Google benar-benar menghapus halaman-halaman yang dianggap tidak bermanfaat dari dalam indexnya; itu berarti akan ada banyak website yang kehilangan backlink. Sebagai efek domino dari dihapusnya halaman-halaman ini adalah pergerakan SERP yang signifikan akan terjadi di hampir semua kata kunci.

Mungkin ini akan lebih besar dari dampak algorita Medic/YMYL yang dirilis beberapa tahun yang lalu.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Google Melakukan Update Algoritma?

Ada banyak website yang akan mengalami goncangan setiap kali Google melakukan update algoritma. Tapi rekomendasi yang bisa saya berikan adalah “jangan melakukan apapun”. Jangan sampai anda panik hanya karena peringkat anda drop saat Google melakukan update algoritma.

Biasanya peringkat yang drop akan kembali naik setelah 1 minggu atau 2 minggu (update algoritma selesai). Anda baru direkomendasikan untuk merencanakan perbaikan jika sudah hampir 2 minggu dan ternyata peringkat website anda tidak ada gejala akan mengalami perbaikan.

Adapun perbaikan yang akan dilakukan sangat bergantung dengan algoritma apa yang di-update oleh Google. Sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu tentang algoritma yang baru; sebelum anda merencanakan perbaikan.

Atau anda juga bisa mempelajari website-website yang ranking di halaman pertama Google setelah update algoritma tersebut dilakukan. Anda bisa mengamati beberapa hal berikut ini:

  1. Panjang konten
  2. Kelengkapan konten
  3. Variasi konten (gambar dan video)
  4. Jumlah link dalam halaman
  5. Usia website
  6. Kecepatan muat website
  7. Jumlah backlink dan jumlah referral nama domain

8 Algoritma Google Yang Paling Berpengaruh

Google mengklaim memperbarui algoritma pencariannya beberapa ribu kali per tahun. Itu berarti ada beberapa kali update setiap harinya. Dalam sebagian besar kasus, pembaruan algoritma Google tidak memperlihatkan efek yang signifikan.

Tapi, sesekali, Google memperkenalkan perubahan yang sangat mendasar, sehingga mengubah cara kita melakukan SEO untuk selamanya. Di bawah ini saya akan menuliskan delapan dari perubahan algoritma pencarian yang paling berpengaruh.

Kita akan melihat mengapa update algoritma ini dilakukan, bagaimana cara kerjanya, dan penyesuaian apa yang harus dilakukan untuk mengikuti perubahan algoritma Google.

1. Panda

Dirilis tanggal: 24 Februari 2011

Sasaran: Konten duplikat yang menjiplak atau nyaris duplikat; konten spam yang dibuat dengan banjir kata kunci.

Cara kerjanya: Update Algoritma Google Panda memberikan apa yang disebut “skor kualitas” ke halaman web. Skor ini kemudian digunakan sebagai faktor peringkat. Awalnya, efek Panda cukup ringan, tetapi pada Januari 2016 secara permanen dimasukkan ke dalam algoritma inti Google. Sejak itu, peluncuran update menjadi lebih sering, sehingga penalti dan pemulihan Panda sekarang terjadi lebih cepat.

Cara menyesuaikan: Jalankan pemeriksaan situs reguler untuk duplikasi konten, konten tidak berkualitas, atau yang padat kata kunci. Tapi kalau anda malas melakukan ini, maka sebaiknya sejak awal anda harus memperhatikan kualitas konten yang diterbitkan di website anda.

Anda juga mungkin perlu mencari tahu apakah ada website yang mencuri konten-konten anda. Biasanya pencurian konten ini sangat merugikan jika anda jarang melakukan update. Misalnya anda melakukan update sebulan sekali; sedangkan pencuri konten melakukan update setiap hari karena dia hanya mencuri saja.

Biasanya Google akan lebih dulu mengindeks website yang rutin melakukan update dibandingkan website anda yang jarang update. Jadi ada kemungkinan website anda yang akan terlihat sebagai pencuri konten.

2. Penguin

Dirilis tanggal: 24 April 2012

Sasaran: Link yang berisi spam atau tidak relevan dengan isi halaman; tautan dengan teks jangkar yang terlalu dioptimalkan untuk kata kunci tertentu.

Cara kerjanya: Tujuan Google Penguin adalah menurunkan peringkat situs yang backlinknya terlihat tidak wajar. Update algoritma ini membuat pemalsuan backlink menjadi lebih sulit atau lebih mahal.

Cara menyesuaikan: Agar tetap aman dari efek Update algoritma Google Penguin, pantau pertumbuhan profil tautan Anda. Pastikan varian kata kunci yang masuk sangat beragam dan juga tersebar di banyak nama domain yang berbeda. Sedapat mungkin gunakan long tail keywords sebagai varian kata kunci.

Penalti yang diakibatkan oleh unnatural backlink seringkali sangat sulit untuk dipulihkan sehingga banyak pemilik website yang lebih memilih untuk membuat website baru.

3. Humming Bird

Dirilis tanggal: 22 Agustus 2013

Sasaran: Varian kata kunci; konten berkualitas rendah.

Cara kerjanya: Algoritma Hummingbird membantu Google menafsirkan kueri penelusuran dengan lebih baik dan memberikan hasil yang sesuai dengan maksud pencari. Walaupun tidak mengabaikan fungsi kata kunci, tapi algoritma Hummingbird memungkinkan halaman untuk ranking meskipun tidak berisi kata-kata kunci yang sama persis dengan yang dimasukkan oleh pencari.

Cara menyesuaikan: Perluas riset kata kunci Anda dan fokus pada konsep di balik kata kunci. Analisis dengan cermat penelusuran terkait, sinonim, dan istilah yang muncul bersamaan. Sumber ide yang bagus adalah Pencarian Terkait Google dan Pertanyaan Terkait Google, serta saran Pelengkapan Otomatis Google. Sebaiknya anda menggunakan varian-varian kata kunci yang anda temukan ini ke dalam artikel yang anda tulis.

4. Mobile

Dirilis tanggal: 21 April 2015

Sasaran: Kurangnya halaman versi seluler; tidak mobile friendly.

Cara kerjanya: Update pencarian seluler ini telah mengalihkan fokus utama SEO dari desktop ke versi mobile situs web Anda. Saat ini, Google memberi peringkat semua situs web berdasarkan seberapa cepat dan mobile friendly tampilan website mereka.

Cara menyesuaikan: Optimalkan halaman Anda untuk pencarian seluler dan fokus pada kecepatan dan kegunaan. Tes kecepatan halaman dan mobile-friendly Google akan membantu Anda melihat aspek halaman mana yang perlu ditingkatkan. Anda bisa menggunakan tools webpagetest untuk menguji kecepatan halaman website anda.

5. RankBrain

Dirilis tanggal: 26 Oktober 2015

Sasaran: Kurangnya relevansi dengan kueri pencarian; konten dangkal; dan user experience yang buruk.

Cara kerjanya: RankBrain adalah bagian dari algoritma Hummingbird Google. Ini adalah sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memahami makna di balik pencarian dan menyajikan hasil penelusuran yang paling cocok sebagai tanggapan atas pencarian tersebut. Google menyebut RankBrain sebagai faktor peringkat terpenting ketiga.

Meskipun kita tidak tahu formula pasti di balik update algoritma besar ini, Tapi yang jelas RankBrain bertanggung jawab untuk menyesuaikan hasil pencarian Google dengan pengalaman pengguna. Pada dasarnya, Google berusaha memahami apa yang sebenarnya dicari dari kata kunci yang dimasukkan.

Cara menyesuaikan: Optimalkan halaman Anda untuk relevansi dan kelengkapan informasi. Pastikan anda membuat artikel atau tulisan yang tersusun dalam sistem hirarki yang terstruktur. Jadi anda sebaiknya merencanakan susunan heading dan sub heading yang akan anda gunakan dengan baik.

8. Possum

Dirilis tanggal: 1 September 2016

Cara kerjanya: Algoritma ini bekerja pada kata kunci bisnis lokal.

Cara menyesuaikan: Algoritma ini membantu bisnis lokal untuk direkomendasikan lebih baik lagi jika lokasinya lebih dekat dengan lokasi pengguna Google. Jadi anda tentu mau website anda bisa ranking lebih baik jika anda beroperasi di kota tertentu.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan algoritma possum ini adalah dengan memasukkan kata kunci LOKASI KOTA anda di dalam isi konten. Selain itu anda juga bisa mendaftarkan website dan usaha anda ke Google My Business. Pastikan anda melakukan verifikasi alamat untuk akun Google My Business ini.

7. Medic

Dirilis tanggal: 4 Mei 2018

Sasaran: Website yang bergerak di bidang kesehatan, jual beli, keuangan, hukum dan hal-hal lain yang sangat berpengaruh dengan kualitas hidup pengguna Google. Google menggolongkan website-website ini dalam kategori YMYL atau Your Money Your Life.

Cara kerjanya: Update algoritma Google Medic ini berusaha menaikkan syarat untuk ranking di niche kesehatan, jual beli, keuangan, hukum, berita, dll. Meskipun tidak dikonfirmasi secara eksplisit, perwakilan Google telah mengisyaratkan bahwa pembaruan menerapkan beberapa sinyal E-A-T (expertise-authority-trust) dari dokumen Panduan Penilai Kualitas.

Cara menyesuaikan: Sampai saat ini, tidak ada strategi pemulihan yang terbukti untuk pembaruan Medic. Ada banyak sekali website yang rontok dari hasil pencarian Google di tahun 2018. Padahal sebelumnya mereka ranking top 5 di banyak kata kunci.

Sekarang ini anda akan sangat kesulitan untuk ranking di kata kunci sakit penyakit, obat-obatan, herbal, dll karena kata kunci ini dikuasai oleh website start up kesehatan besar yang mempunyai modal kuat untuk optimasi. Anda hanya bisa menargetkan kata-kata kunci long tail keywords yang panjangnya lebih dari 5 kata.

Atau anda bisa juga mengeluarkan modal yang besar untuk mendapatkan banyak backlink dan artikel yang berkualitas. Bukan hanya itu saja, anda juga harus memperjelas identitas anda. Sedapat mungkin anda mengaitkan website anda ini dengan sebuah akun Google My Business yang sudah melakukan verifikasi alamat offline.

Setelah itu anda pasang alamat anda di footer website. Alamat ini harus sama persis dengan yang anda masukkan di data Google My Business. Ini adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari Google.

Jika anda berniat bermain secara anonim, maka mungkin anda akan kesulitan bersaing di niche yang masuk dalam kategori YMYL.

8. Bert

Dirilis tanggal: 22 Oktober 2019

Sasaran: Konten yang ditulis dengan buruk; kurang fokus; kurangnya konteks.

Cara kerjanya: Update algoritma Google ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk lebih memahami kueri penelusuran, menafsirkan teks, mengidentifikasi entitas, dan hubungan antar entitas. Kita sudah melihat update algoritma Panda, Hummingbird, dan RankBrain yang bisa mencari di halaman-halaman yang bahkan tidak sama persis dengan kata kunci. Begitu juga dengan algoritma BERT ini — Algoritma ini memungkinkan Google untuk memahami lebih banyak nuansa dalam kueri dan hasil pencarian.

Cara menyesuaikan: Rekomendasi yang bisa saya berikan sama seperti algoritma-algoritma kualitas konten lainnya di atas. Sudah waktunya bagi anda serius menulis konten yang memang berkualitas dan bisa membantu orang-orang yang membaca tulisan anda. Jika anda tidak mau bersusah payah menulis konten yang berkualitas, maka sebaiknya tidak perlu melakukan SEO dari awal.

Ini bukan mau mematikan semangat anda. Hanya saja jauh lebih baik jika anda tidak melakukan sesuatu yang akan sia-sia saja nantinya.

Posting Komentar untuk "Hal Penting Dalam Update Algoritma Google November 2022"